PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIFE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Pokok Bahasan Manajemen Di Kelas X IIS E Sma Angkasa Bandung)

Main Author: ARI PRIATNA SULAEMAN, 125050054
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11393/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11393/2/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11393/3/Abstrac.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11393/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11393/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11393/6/DAFTAR%20PUSTAKA%202.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11393/
Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatife Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi sub Pokok Bahasan Manajemn di Kelas X IIS E SMA Angkasa Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah u ntuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan manajemen di kelas X IIS E SMA Angkasa Bandung , dan u ntuk mengetehaui sejauh mana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan manajemen di kelas X IIS E SMA Angkasa L a nud Husein Sastranegara Bandung , serta u ntuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap keaktifan si swa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan manajemen. Metode yang digunakan dalam pe nelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS E SMA Angkasa Bandung yang berjumlah 38 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata - rata ( mean ) skor dengan bantuan SPSS rele ase 21.0 for Windows . Hasil penelitian rekapitulasi skor rata - rata tanggapan responden mengenai model pembelajaran cooperatife learning tipe think pair share sebesar 40,5 (81,24 %) sedangkan mengenai keaktifan belajar sebesar 4,10 (82,24%) , dengan d emikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap model pembelajaran kooperatif think pair share dan keaktifan belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran k ooperatif think pair share yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,688 %. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 68,8 % terhadap variabel Y dan sisanya 31,2 % dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 68,8 % disebabkan oleh indikator variabel X berupa ciri - ciri keaktifan belajar siswa , kriteria keaktifan belajar siswa, dan factor - faktor keaktifan belajar siswa . Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran b agi para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan model pembelajaran dan metode yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya . Kata Kunci : Model Pembelajaran cooperatife learning tipe think pair share