PENGA RUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA
Main Author: | NURBAYANI, 125050041 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11363/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/11363/2/ABSTRAK%20indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/11363/3/ABSTRACT%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/11363/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11363/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11363/6/DAFTAR%20PUSTAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/11363/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan komunikasi matematis merupakan salahsatu tujuan pembelajaran matematika . Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah . Pembelajaran matematika di Indonesia kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkomunikasikan gagasan matematika yang dimilikinya . Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. P enelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik dari pembelajaran biasa dan indikator kemampuan komunikasi matematis manakah yang dianggap paling sulit dan paling mudah . M etode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adal ah siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung tahun ajaran 201 5 - 201 6 dan sampel penelitiannya sebanyak dua kelas , yaitu siswa kelas X MIA 1 sebag ai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t - Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian , diperoleh kesimpulan: k emampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa ; indikator kemampuan komunikasi matematis yang dianggap sulit adalah membaca dengan pemahama n suatu presentasi matematika dan indikator komunikasi matematis yang dianggap paling mudah adalah menyatakan peristiwa sehari - hari dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun mod el suatu peristiwa . Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Komunikasi Matematis, Teams Games Tournament