PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LEUWIPANJANG BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016)

Main Author: RIKA FITROINI, 125060279
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11242/1/cover%20depan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/2/abstak%20indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/3/abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/6/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/
ctrlnum 11242
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11242/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LEUWIPANJANG BANDUNG&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016)</title><creator>RIKA FITROINI, 125060279</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Peneliian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap mandiri dan hasil belajar siswa kelas IV-A tentang pembelajaran Tematik Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya sikap mandiri siswa dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Observasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari pelaksanaan selama tindakan dengan menggunakan model pembelajaran ingquiri terbimbingtelah memberikan perubahan yang signifikan. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa kelas IV SDN Leuwipanjang Bandung pada siklus I hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar siswa berjumlah 10 orang atau 50% sedangkan siswa yang tidak tuntas nilainya di bawah KKM sebanyak 10 orang atau 50%dari 20 orang siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar nilainya di atas KKM sebanyak 18 siswa atau 90% sedangkan siswa yang tidak tuntas belajar siklus II 2 orang siswa atau 10% dan pada aspek penilaian sikap mandiri pada siklus I memperoleh rata-rata 58 atau 40% dan siklus II 76 atau 90%, maka pembelajaran dengan menggunakan model Ingquiri Terbimbing dapat meningkatkan sikap mandir dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Leuwipanjang.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Ingquiri Terbimbing, Sikap Mandiri, Hasil Belajar.</description><date>2016-09-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11242/1/cover%20depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11242/2/abstak%20indonesia.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11242/3/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11242/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11242/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11242/6/daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> RIKA FITROINI, 125060279 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LEUWIPANJANG BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11242</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RIKA FITROINI, 125060279
title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LEUWIPANJANG BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016)
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/11242/1/cover%20depan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/2/abstak%20indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/3/abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/6/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11242/
contents Peneliian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap mandiri dan hasil belajar siswa kelas IV-A tentang pembelajaran Tematik Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya sikap mandiri siswa dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Observasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari pelaksanaan selama tindakan dengan menggunakan model pembelajaran ingquiri terbimbingtelah memberikan perubahan yang signifikan. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa kelas IV SDN Leuwipanjang Bandung pada siklus I hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar siswa berjumlah 10 orang atau 50% sedangkan siswa yang tidak tuntas nilainya di bawah KKM sebanyak 10 orang atau 50%dari 20 orang siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar nilainya di atas KKM sebanyak 18 siswa atau 90% sedangkan siswa yang tidak tuntas belajar siklus II 2 orang siswa atau 10% dan pada aspek penilaian sikap mandiri pada siklus I memperoleh rata-rata 58 atau 40% dan siklus II 76 atau 90%, maka pembelajaran dengan menggunakan model Ingquiri Terbimbing dapat meningkatkan sikap mandir dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Leuwipanjang. Kata Kunci: Ingquiri Terbimbing, Sikap Mandiri, Hasil Belajar.
id IOS3183.11242
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:07:08Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:13Z
recordtype dc
_version_ 1766044889144885248
score 17.538404