PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CARD PROBLEM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA KARTIKA XIX - 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: ANGGI AGARINI, 12503003 8
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11234/1/1.%20HALAMAN%20SAMPUL.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11234/2/7.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11234/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11234/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11234/5/Daftar%20Pustaka%20skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11234/
Daftar Isi:
  • Teks Eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses. Proses tersebut dapat terjadi secara alamiah, baik yang berkaitan dengan fenomena (gejala) alam maupun fenomena sosial budaya. Penemuan ( Card Problem ) yait u pengujian kemampuan siswa dengan memberikan perm asalahan . Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks dengan Menggunakan Media Card Problem pada Peserta Didik Kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung Tahu n Pelajaran 2015/2016 . Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampu - kah penulis merencanakan, menerapkan, dan menilai kegiatan pembelajaran mem - produksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan media card problem pada peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung? (2) Mampukah peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung mengikuti kegiatan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan struktur, kaidah kebahasaan, dan penulisan kalimat? (3) Mampukah peserta didik kelas XI SMA Ka rtika XIX - 1 Bandung mengikuti kegiatan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan struktur, kaidah kebahasaan, dan penulisan kalimat? Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahiu kemampuan penulis, siswa, dan keefektifan media pembelajaran. Hipotesis yang penulis rumusk an yang penulis rumuskan yaitu: (a) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mem - produksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan media Card Problem pada peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung . (b) Peserta didik ke las XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung mampu mengikuti pem - belajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan media Card Problem . (c) Media Card Problem efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ekspla - nasi kompleks dengan menggunakan media Card Problem pada peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung . Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen de - ngan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitian sebagai berikut. (1) P enulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks dengan Menggunakan Media Card Problem pada Peserta Didik Kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung . Hal ini ter bukti dari hasil nilai perencanaan 3,78 dan pelaksanaan sebesar 3,72. (2) Siswa kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung mampu Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks dengan Menggunakan Media Card Problem pada Peserta Didik Kelas XI SMA Kartika XIX - 1 Bandung . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretes yait u 70,32 dan nilai rata - rata postes yaitu 92,16 . Jadi, ada peningkatan sebesar 21,84 atau setara dengan 81 . 46 %. (3) Media Card Problem tepat digunakan dalam pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks pada Peserta Didik Kelas Xi SMA KartiakXIX - 1 Bandu ng . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung 9,21 > 2,06 yakni pada tingkat ke percayaan 95%, dan d.b sebesar 2 4 . Kata Kunci : Pembelajaran, Memproduksi, Teks, Eksplanasi Kompleks, dengan, Menggunakan, Media, Card Problem .