PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SM A
Main Author: | EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11208/1/Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/6/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/ |
ctrlnum |
11208 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11208/</relation><title>PENERAPAN 
MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA 
KNISLEY
UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP 
MATEMATIKA
SISWA
SM
A</title><creator>EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Matematika merupakan mata pelajaran yang didalamnya memuat fakta, operasi, 
konsep dan prinsip. Sehingga untuk mempelajari matematika dibutuhkan 
kemampuan pemahaman konsep yang baik. Namun kenyataannya kemampuan 
pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini 
dibuktikan masih banyaknya 
siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika terutama soal yang 
berkaitan dengan pemahaman konsep. 
Salah satu alternatif 
pembelajaran 
yang 
dapat mengakomodasi kemampuan 
pemahaman konsep matematika
adalah model 
pembelajaran
matematika 
knisley
.
Tujuan 
penelitian ini 
adalah 1) u
ntuk 
m
engetahui apakah 
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika 
siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika 
knisley 
lebih baik 
daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional
;
2) u
ntuk 
mengetahui 
sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model 
pembelajaran matematika 
knisley
;
3) u
ntuk mengetahui 
terdapat korelasi antara 
kemampuan pemahaman konsep matematika dengan sikap siswa
. Penelitian ini 
menggunakan metode eksperi
men. Populasi penelitian ini adalah 
semua 
siswa 
semua 
siswa 
Kelas X 
SM
A Nusantara
Bandung tahun ajaran 2015/2016
dan 
sampel diambil
sebanyak dua kelas
yang dipilih secara acak menurut kelas.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes 
tipe uraian soal
-
soal 
kemampuan 
pem
ahaman konsep matemati
ka
dan angket skala sikap. 
Analisis data dilakukan 
dengan
uji statistik dengan menggunakan 
program 
SPSS 
18
for windows
. 
Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan
:
1) k
emampuan 
pemahaman konsep matemati
ka
siswa yang mendapatkan model pembelajaran
matematika
knisley
lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model 
pembelajaran
konvensional
; 2) s
iswa bersikap positif terhadap 
pembelajaran 
matematika dengan model pembelajaran matema
tika 
knisley
; 3) t
erdapat korelasi 
antara kemampuan 
pemahaman konsep matemati
ka
dengan sikap siswa terhadap 
pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran 
matematika 
knisley
.
Kata kunci : 
Pembelajaran Matematika 
Knisley
, Pe
mahaman Konsep 
Matemati
ka
.</description><date>2016-09-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/6/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><identifier> EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SM A. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11208</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2 |
title |
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
KNISLEY
UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
MATEMATIKA
SISWA
SM
A |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/11208/1/Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/6/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unpas.ac.id/11208/ |
contents |
Matematika merupakan mata pelajaran yang didalamnya memuat fakta, operasi,
konsep dan prinsip. Sehingga untuk mempelajari matematika dibutuhkan
kemampuan pemahaman konsep yang baik. Namun kenyataannya kemampuan
pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini
dibuktikan masih banyaknya
siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika terutama soal yang
berkaitan dengan pemahaman konsep.
Salah satu alternatif
pembelajaran
yang
dapat mengakomodasi kemampuan
pemahaman konsep matematika
adalah model
pembelajaran
matematika
knisley
.
Tujuan
penelitian ini
adalah 1) u
ntuk
m
engetahui apakah
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika
knisley
lebih baik
daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional
;
2) u
ntuk
mengetahui
sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model
pembelajaran matematika
knisley
;
3) u
ntuk mengetahui
terdapat korelasi antara
kemampuan pemahaman konsep matematika dengan sikap siswa
. Penelitian ini
menggunakan metode eksperi
men. Populasi penelitian ini adalah
semua
siswa
semua
siswa
Kelas X
SM
A Nusantara
Bandung tahun ajaran 2015/2016
dan
sampel diambil
sebanyak dua kelas
yang dipilih secara acak menurut kelas.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes
tipe uraian soal
-
soal
kemampuan
pem
ahaman konsep matemati
ka
dan angket skala sikap.
Analisis data dilakukan
dengan
uji statistik dengan menggunakan
program
SPSS
18
for windows
.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan
:
1) k
emampuan
pemahaman konsep matemati
ka
siswa yang mendapatkan model pembelajaran
matematika
knisley
lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model
pembelajaran
konvensional
; 2) s
iswa bersikap positif terhadap
pembelajaran
matematika dengan model pembelajaran matema
tika
knisley
; 3) t
erdapat korelasi
antara kemampuan
pemahaman konsep matemati
ka
dengan sikap siswa terhadap
pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran
matematika
knisley
.
Kata kunci :
Pembelajaran Matematika
Knisley
, Pe
mahaman Konsep
Matemati
ka
. |
id |
IOS3183.11208 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-09-24T05:07:07Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044889085116416 |
score |
17.538404 |