ctrlnum 11208
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11208/</relation><title>PENERAPAN &#xD; MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA &#xD; KNISLEY&#xD; UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP &#xD; MATEMATIKA&#xD; SISWA&#xD; SM&#xD; A</title><creator>EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Matematika merupakan mata pelajaran yang didalamnya memuat fakta, operasi, &#xD; konsep dan prinsip. Sehingga untuk mempelajari matematika dibutuhkan &#xD; kemampuan pemahaman konsep yang baik. Namun kenyataannya kemampuan &#xD; pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini &#xD; dibuktikan masih banyaknya &#xD; siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika terutama soal yang &#xD; berkaitan dengan pemahaman konsep. &#xD; Salah satu alternatif &#xD; pembelajaran &#xD; yang &#xD; dapat mengakomodasi kemampuan &#xD; pemahaman konsep matematika&#xD; adalah model &#xD; pembelajaran&#xD; matematika &#xD; knisley&#xD; .&#xD; Tujuan &#xD; penelitian ini &#xD; adalah 1) u&#xD; ntuk &#xD; m&#xD; engetahui apakah &#xD; peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika &#xD; siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika &#xD; knisley &#xD; lebih baik &#xD; daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional&#xD; ;&#xD; 2) u&#xD; ntuk &#xD; mengetahui &#xD; sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model &#xD; pembelajaran matematika &#xD; knisley&#xD; ;&#xD; 3) u&#xD; ntuk mengetahui &#xD; terdapat korelasi antara &#xD; kemampuan pemahaman konsep matematika dengan sikap siswa&#xD; . Penelitian ini &#xD; menggunakan metode eksperi&#xD; men. Populasi penelitian ini adalah &#xD; semua &#xD; siswa &#xD; semua &#xD; siswa &#xD; Kelas X &#xD; SM&#xD; A Nusantara&#xD; Bandung tahun ajaran 2015/2016&#xD; dan &#xD; sampel diambil&#xD; sebanyak dua kelas&#xD; yang dipilih secara acak menurut kelas.&#xD; Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes &#xD; tipe uraian soal&#xD; -&#xD; soal &#xD; kemampuan &#xD; pem&#xD; ahaman konsep matemati&#xD; ka&#xD; dan angket skala sikap. &#xD; Analisis data dilakukan &#xD; dengan&#xD; uji statistik dengan menggunakan &#xD; program &#xD; SPSS &#xD; 18&#xD; for windows&#xD; . &#xD; Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan&#xD; :&#xD; 1) k&#xD; emampuan &#xD; pemahaman konsep matemati&#xD; ka&#xD; siswa yang mendapatkan model pembelajaran&#xD; matematika&#xD; knisley&#xD; lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model &#xD; pembelajaran&#xD; konvensional&#xD; ; 2) s&#xD; iswa bersikap positif terhadap &#xD; pembelajaran &#xD; matematika dengan model pembelajaran matema&#xD; tika &#xD; knisley&#xD; ; 3) t&#xD; erdapat korelasi &#xD; antara kemampuan &#xD; pemahaman konsep matemati&#xD; ka&#xD; dengan sikap siswa terhadap &#xD; pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran &#xD; matematika &#xD; knisley&#xD; .&#xD; Kata kunci : &#xD; Pembelajaran Matematika &#xD; Knisley&#xD; , Pe&#xD; mahaman Konsep &#xD; Matemati&#xD; ka&#xD; .</description><date>2016-09-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11208/6/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><identifier> EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SM A. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11208</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SM A
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/11208/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11208/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11208/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11208/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11208/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11208/6/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11208/
contents Matematika merupakan mata pelajaran yang didalamnya memuat fakta, operasi, konsep dan prinsip. Sehingga untuk mempelajari matematika dibutuhkan kemampuan pemahaman konsep yang baik. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini dibuktikan masih banyaknya siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika terutama soal yang berkaitan dengan pemahaman konsep. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat mengakomodasi kemampuan pemahaman konsep matematika adalah model pembelajaran matematika knisley . Tujuan penelitian ini adalah 1) u ntuk m engetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ; 2) u ntuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran matematika knisley ; 3) u ntuk mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan sikap siswa . Penelitian ini menggunakan metode eksperi men. Populasi penelitian ini adalah semua siswa semua siswa Kelas X SM A Nusantara Bandung tahun ajaran 2015/2016 dan sampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan pem ahaman konsep matemati ka dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan uji statistik dengan menggunakan program SPSS 18 for windows . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : 1) k emampuan pemahaman konsep matemati ka siswa yang mendapatkan model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional ; 2) s iswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran matema tika knisley ; 3) t erdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matemati ka dengan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran matematika knisley . Kata kunci : Pembelajaran Matematika Knisley , Pe mahaman Konsep Matemati ka .
id IOS3183.11208
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:07:07Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:13Z
recordtype dc
_version_ 1766044889085116416
score 17.538404