MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

Main Author: Yani Lot JadinaMaha, 125020043
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11207/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/3/ABSTRACT%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/4/Bab%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/5/Bab%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/6/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/
ctrlnum 11207
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11207/</relation><title>MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG</title><creator>Yani Lot JadinaMaha, 125020043</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini berjudul Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sma Pasundan 8 Bandung, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Pasundan 8 Bandung. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah metode pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Control Group Time Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dengan jumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-2 dengan jumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. &#xD; Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 84,25 untuk kelas eksperimen, dan 55,79 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 17,46 sedangkan ttabel= 2,75. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung&gt;ttabel, sehingga H0 ditolakdan H1diterima.&#xD; Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X-1 yang menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan siswa kelas X-2 yang tidak menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya di jadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi khususnyan pada materi pendapatan nasional.&#xD; &#xD; Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar</description><date>2016-09-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11207/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11207/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11207/3/ABSTRACT%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11207/4/Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11207/5/Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11207/6/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Yani Lot JadinaMaha, 125020043 (2016) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11207</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yani Lot JadinaMaha, 125020043
title MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/11207/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/3/ABSTRACT%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/4/Bab%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/5/Bab%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/6/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11207/
contents Penelitian ini berjudul Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sma Pasundan 8 Bandung, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Pasundan 8 Bandung. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah metode pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Control Group Time Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dengan jumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-2 dengan jumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 84,25 untuk kelas eksperimen, dan 55,79 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 17,46 sedangkan ttabel= 2,75. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung>ttabel, sehingga H0 ditolakdan H1diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X-1 yang menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan siswa kelas X-2 yang tidak menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya di jadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi khususnyan pada materi pendapatan nasional. Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar
id IOS3183.11207
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:07:07Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:13Z
recordtype dc
_version_ 1766044889080922112
score 17.538404