PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KOPERASI ( Penelitian Tindakan Kelas pada Di Kelas IV SD Negeri Gentra Masekdas caswxzcKecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung)

Main Author: RISKA RAHAYU OKTAVIANI, 125060228
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11204/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11204/2/Abstrak%20B.%20Indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11204/3/Abstrak%20B.%20Inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11204/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11204/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11204/6/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11204/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11204/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengangkat judul Meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gentra Masekdas Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 37 orang. Kemampuan menguasai materi yang masih rendah terhadap mata pelajaran IPS mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dari permasalahan di atas, fokus penelitian yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Action Research Class Room) penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri atas beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Observasi, Silabus, Pretest dan Post Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SDN Gentra Masekdas Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I pre-test 13,5 % dan post-test 51,4%. Pada siklus II menjadi pre-test 18,9% dan post-test 94,6% Kata kunci : model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing, hasil belajar.