PEMBELAJARAN MENYUNTING TEK S LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE REMBUG SEJOLI DI KELAS X SMA N EGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | OKY SUKMA WIJAYA, 125030081 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11140/1/Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/11140/2/ABSTRAK%20REVISI.pdf http://repository.unpas.ac.id/11140/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/11140/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11140/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11140/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11140/ |
Daftar Isi:
- Teks laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta - fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Metode rembug sejoli adalah cara pemecahan suatu masalah yang pelaksanaannya peserta didik dalam kelompok dibagi secara berpasanga, kemudian dalam waktu yang singkat masing - masing kelompok membahas suatu masalah dan diakhiri dengan penyampaian laporannya oleh masing - masing juru bicara dalam kelompok besar. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode rembug sejoli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) mampukah penulis merencanakan,melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi menggun akan metode rembug sejoli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang?; (2) mampukah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang menyunting teks laporan hasil observasi berdasarkan kesalahan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan?; (3) efektifkah metode rembug sejoli diterapkan pada pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan keefektifan metode rembug sejoli dalam pembelajaran meyu nting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode remb ug sejoli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang; (2) siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang mampu menyunting teks laporan hasil observasi dengan berdasarkan kesalahan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan dengan benar; (3) metode rembug sejoli efek tif digunakan dalam pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one group pretest - posttest design. Adapun hasil penelitiannnya, hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis 3,75. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari rata - rata nilai pretest sebesar 39,54 dan rata - rata nilai posttest sebesar 82,4, pe ningkatan sebesar 42,86. Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik t hitung > t tabel , yakni 21 > 2,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifika nsi 5% dan derajat kebebasan 27. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis m enyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: P embelajaran, menyunting teks laporan hasil observasi, metode rembug sejoli.