PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS KURIKULUM 2013

Main Author: LIA OKTAPIANI, 125040027
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/10724/1/1.%20Hal%20Sampul.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/2/7.%20ABSTRAK%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/3/BAB%20I%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/4/BAB%20II%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/5/DAFTAR%20PUSTAKA%20fix.docx
http://repository.unpas.ac.id/10724/
ctrlnum 10724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/10724/</relation><title>PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS KURIKULUM 2013</title><creator>LIA OKTAPIANI, 125040027</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Jatinangor terhadap konsep pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang cenderung monoton dalam penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan media kartu domino untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbasis kurikulum 2013. Populasi dari penelitian ini adalah siswa jenjang SMA kelas X di SMA Negeri Jatinangor dengan jumlah siswa kelas X-9 sebanyak 30 orang dan X-10 sebanyak 30 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan indikator, afektif dan psikomotor yang berupa lembar pengamatan. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil antara kelas eksperimen dan kontrol dengan hasil sama-sama terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menggunakan uji t diperoleh Sig. (2&#xAC;-tailed) = 0,000 &lt; &#x3B1; = 0,05, pada konsep pencemaran lingkungan di SMA Negeri Jatinangor, bahwa media pembelajaran kartu domino maupun pembelajaran secara konvensional sama-sama meningkatkan hasil belajar siswa serta merupakan alternatif baru khususnya bagi guru dalam proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci: Media Kartu Domino, Berbasis Kurikulum 2013, Hasil Belajar.</description><date>2016-09-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10724/1/1.%20Hal%20Sampul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10724/2/7.%20ABSTRAK%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10724/3/BAB%20I%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10724/4/BAB%20II%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10724/5/DAFTAR%20PUSTAKA%20fix.docx</identifier><identifier> LIA OKTAPIANI, 125040027 (2016) PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS KURIKULUM 2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>10724</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LIA OKTAPIANI, 125040027
title PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS KURIKULUM 2013
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/10724/1/1.%20Hal%20Sampul.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/2/7.%20ABSTRAK%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/3/BAB%20I%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/4/BAB%20II%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10724/5/DAFTAR%20PUSTAKA%20fix.docx
http://repository.unpas.ac.id/10724/
contents Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Jatinangor terhadap konsep pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang cenderung monoton dalam penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan media kartu domino untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbasis kurikulum 2013. Populasi dari penelitian ini adalah siswa jenjang SMA kelas X di SMA Negeri Jatinangor dengan jumlah siswa kelas X-9 sebanyak 30 orang dan X-10 sebanyak 30 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan indikator, afektif dan psikomotor yang berupa lembar pengamatan. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil antara kelas eksperimen dan kontrol dengan hasil sama-sama terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menggunakan uji t diperoleh Sig. (2¬-tailed) = 0,000 < α = 0,05, pada konsep pencemaran lingkungan di SMA Negeri Jatinangor, bahwa media pembelajaran kartu domino maupun pembelajaran secara konvensional sama-sama meningkatkan hasil belajar siswa serta merupakan alternatif baru khususnya bagi guru dalam proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Kata Kunci: Media Kartu Domino, Berbasis Kurikulum 2013, Hasil Belajar.
id IOS3183.10724
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:07:03Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:13Z
recordtype dc
_version_ 1766044888919441408
score 17.538404