PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SEMANGAT KEBANGSAAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dikelas V Semester 2 SD Negeri Cimincrang)

Main Author: Arifin Rohman, 125060044
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/10429/1/0.%20Cover%20Skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10429/2/6.%20Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10429/3/7.%20Abstract.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10429/4/13.%20BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10429/5/14.%20BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10429/6/18.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10429/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya sikap semangat kebangsaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di SDN Cimincrang. Kondisi ini disebakan oleh guru tidak menggunakan model-model yang direkomendasikan dalam pembelajaran. Cara yang ditempuh untuk memperbaiki kondisi ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning karena dengan model ini siswa belajar berdasarkan masalah yang terjadi di dalam kehidupan nyata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 29 orang yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan terdiri atas empat tahap tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan tes hasil belajar. Dari pelaksanaan dan pengolahan data observasi sikap semangat kebangsaan siswa pada siklus 1 memperoleh nilai akhir 2,49 dengan persentase ketuntasan kelas sebanyak 58,62% siswa. Selanjutnya dilakukan siklus 2 memperoleh nilai akhir 3,09 dengan persentase ketuntasan kelas sebanyak 93,10% siswa. Sementara dari tes hasil belajar yang dilakukan pada 29 orang siswa pada siklus 1 ketuntasan KKM sebanyak 72,41% atau sebanyak 21 orang. Selanjutnya dilaksanakan siklus 2 dan memperoleh hasil siswa yang tuntas KKM sebanyak 89,66% atau sebanyak 26 orang. Kata Kunci: Problem Based Learning, sikap semangat kebangsaan dan hasil belajar