Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, dan Review (SQ4R) dibandingkan dengan model pembelajaran biasa; (2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, dan Review (SQ4R). Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek p enelitian adalah siswa SMA dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Kelas yang terpilih yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Kurikulum yang dite rapkan di SMA PGRI 1 Bandung adalah kurikulum 2013. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak 5 soal dan skala sikap sebanyak 30 pernyataan , terdiri dari 15 pernyataan positif dan 15 pernyataan negatif . Uji ins trumen terdiri dari pengujian validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran. Analisis data pretes dan postes dari kelas eksperimen dan kelas kontrol diolah dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 23.0 for windows. Berdasarkan analisis d ata hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelaj aran biasa; (2) siswa bersikap positif terhadap penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R), Kemam puan Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Biasa, Sikap.