METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MTS

Main Author: Rosid Bahar, NPM. 138060108
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/1035/1/138060108_ROSID%20BAHAR_ok.rtf
http://repository.unpas.ac.id/1035/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui metode Brainstorming dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, dikaji juga metakognisi siswa dengan menggunakan metode Brainstorming. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Masthuriyah Sukabumi, dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran Brainstorming dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis serta angket metakognisi. Analisis data menggunakan metode Mixed Method Embedeed. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui metode Brainstorming lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (3) Terdapat hubungan antara kemampuan koneksi dan metakognisi siswa. Kata Kunci: Braisndtorming dan Koneksi Matematis.