PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Main Author: NYIMAS NANIH SARI NINGSIH, 125050027
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/10345/1/01-HALAM%20SAMPUL.docx
http://repository.unpas.ac.id/10345/2/06-abtrak%20fix.docx
http://repository.unpas.ac.id/10345/3/BAB%201.docx
http://repository.unpas.ac.id/10345/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/10345/5/12-Daftar%20Pustaka.docx
http://repository.unpas.ac.id/10345/
Daftar Isi:
  • Salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah pembelajaran yang berpusat pada guru dengan metode ceramah. Mengingat pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa maka diperlukan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah pembelajaran berbasis Multiple Itelligences (MI) yang dikemukakan oleh Howard Gardner. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI) lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui sikap siswa yang terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI). (3) Mengetahui korelasi atau hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan sikap siswa terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI). Penelitian ini menggunkan metode penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandung dengan sampel yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen tes yaitu tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis, sedangkan instrumen non tes meliputi Multiple Intelligences Scale (MIS), dan skala sikap. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji korelasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh simpulan: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI) lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. 2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI) dalam pembelajaran matematika. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis denga sikap siswa terhadap pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (MI). Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (MI)