PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri ASMI Kota Bandung)

Main Author: MEYDINA INDRIANI, 125060048
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/10319/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10319/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10319/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10319/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10319/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10319/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10319/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri ASMI Kota Bandung . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Asmi Kota Bandung. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Neger i Asmi Kota Bandung sebanyak 25. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni setiap siklus terdiri dari 3 Pembelajaran. Metode pengumulan data yang digunakan adalah posttes dan non test berup a observasi/pengamatan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I dan II. Model yang digunakan adalah model project based learning , Hasil belajar s iswa menunjukkan nilai rerata pada siklus I aspek kognitif 79 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 80%, afektif 69,6 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 44% dan psikomotorik 68,8 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 48%. Pada siklus II atau terjadi pening katan nilai rerata kelas aspek kognitif sebesar 6,2 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 92%, afektif 13,3 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 100% dan psikomotorik 11,9 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 88%. Sikap cinta lingkungan sisa pada siklus I m encapai rata - rata sebesar 72,3 % dari 25 siswa, pada siklus II Peningkatan sikap cinta ligkumgan siswa pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tingalku dari siklus I ke siklus II sebesar 16,7 % Hambatan penelitian, belum bisa meminimalisir waktu, siswa belum sepenuhnya memahami materi, siswa belum melaksanakan perannya dengan baik di lingkungan sekolah. Upaya mengatasi hambatan; Membuat kelompok dalam pengerjaan proyek, belajar secara kolaboratif dan koopertif serta, menjelaskan tata tertib lingkungan s ekolah. Berkaitan dengan penelitian ini hendaknya gurumengkaji model pembelajaran tersebut sehingga pelaksanaan sesuai yang diinginkan. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Project Based Learning, Hambatan Penelitian, Upaya mengatasi hambatan penelitian.