PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN
Main Author: | Elislamia Salsabila, 115060034 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/1027/1/COVER.docx http://repository.unpas.ac.id/1027/2/Abstrak.docx http://repository.unpas.ac.id/1027/3/BAB%201.docx http://repository.unpas.ac.id/1027/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi desa, kelurahan, kecamatan semester I kelas IV SD Negri 2 Pasanggrahan Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta dengan menggunakan model Project Based Learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnnya kreativitas dan hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik valuasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan kinerja guru/ peneliti. Sedangkan instrumen pnelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukuran ketepatan RPP, lembar alat penilaian penilaian kinerja guru/peneliti lembar alat penilaian sikap siswa dalam pembelajaran,. Lembar wawancara peneliti dengan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap kretivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari data awal respon siswa menunjukan persentase 20% setelah melakukan penelitian siklus I sampai siklus II respon siswa kreativitas dan hasil belajar siswa pun meningkat 100% dengan demikian, penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan kreativitas dan hasil belajar sisiwa. Kata Kunci: Model Pembelajaran PJBL Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa