MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SELF-CONCEPT SISWA DI SMK

Main Author: MASIROH, NPM. 138060038
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/10259/1/abstrack%20baru.docx
http://repository.unpas.ac.id/10259/2/Daftar%20Pustaka.docx
http://repository.unpas.ac.id/10259/3/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/10259/4/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/10259/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Snowball throwing terhadap hasil belajar dan Self-concept siswa tentang matematika , penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Indramayu Tahun pelajaran 2014/2015, Metode penelitian dengan rancangan quasi eksperimen. Dengan desain “Non ekuivalen control –Group Design” . subjek penelitian ini adalah 68 siswa yang terdiri dari 34 kelas eksperimen dan 34 kelas control yang diperoleh dengan teknik sampling acak pada kelas X. instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang terdiri dari 7 soal bentuk essay dan angket skala sikap Self-concept , teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Anova dua jalur. dan berdasarkan perhitungan menunjukan bahwa nilai rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas control, dan pada hasil angket skala sikap Self-concept siswa juga terdapat perbedaan yang tinggi antara kelas eksperimen dan kelas control. Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Snowball throwing terhadap hasil belajar dan Self-concept digunakan perhitungan effect size, pada hasil belajar diperoleh sangat efektif sedangkan pada Self-concept diperoleh hasil cukup efektif, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa “ Hasil belajar dan Self-concept siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball throwing lebih tinggi dari hasil belajar dan Self-concept siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional “. Dengan demikian Model Pembelajaran Snowball throwing efektif terhadap Hasil belajar dan Self-concept siswa. Kata kunci : Pembelajaran Snowball throwing, Hasil belajar, Self-concept