PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS KESEJARAHAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEER EDITING PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | RATNA PUTRI GUMILANG, 125030049 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/10256/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/10256/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/10256/3/SKRIPSI%20BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/10256/4/SKRIPSI%20BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/10256/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/10256/ |
Daftar Isi:
- Menyunting adalah menyiapkan, menyeleksi dan menyesuaikan naskah orang lain dalam rangka perbaikan. Teks eksplanasi kompleks adalah teks yang menjelaskan fenomena alam, sosial, budaya atau sejarah. Teknik peer editing adalah teknik yang mengajari siswa cara mengidentifikasi fitur-fitur tulisan yang baik dan buruk dalam pekerjaan orang lain sehingga bisa mengembangkan keterampilan evaluasi kritis yang dapat mereka terapkan pada tulisan mereka sendiri. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyunting teks eksplanasi kompleks kesejarahan dengan teknik peer editing pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang; 2) Mampukah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang menyunting teks eksplanasi kompleks berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan dengan menggunakan teknik peer editing; 3) Efektifkah teknik peer editing digunakan dalam pembelajaran menyunting teks eksplanasi kesejarahan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyunting teks eksplanasi kompleks kesejarahan dengan teknik peer editing pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang; 2) Siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang mampu menyunting teks eksplanasi kompleks kesejarahan berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan; 3)Teknik Peer Editing efektif digunakan dalam pembelajaran menyunting teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu. Adapun sampel penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyunting teks eksplanasi kompleks kesejarahan dengan teknik peer editing pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Soreang. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,97 dan pelaksanaan sebesar 3,76. 2. Siswa kelas XI IPA SMAN 1 Soreang mampu menyunting teks eksplanasi kompleks kesejarahan dengan menggunakan teknik peer editing. Hal ini terbukti dari nilai ratarata pretes yaitu 5,56, dan nilai rata-rata postes yaitu 7,93. Jadi ada peningkatan sebesar 9,44%. 3. Teknik peer editing efektif digunakan dalam pembelajaran menyunting teks eksplanasi kompleks kesejarahan pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Soreang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel, yaitu 16,8 ≥ 2,06 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 24. Dengan demikian, teknik peer editing cocok digunakan sebagai pembelajaran hal ini terlihat dengan adanya peningkatan hasil nilai yang diperoleh siswa Kata kunci : Pembelajaran, teks eksplanasi kompleks, kesejarahan, teknik peer editing.