MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJAR AN EXAMPLE NON EXAMPLE KELAS IV SDN KOPO ELOK PADA MATERI MASALAH SOSIAL
Main Author: | NENDI PERDANA, 125060221 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/10234/1/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/10234/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf http://repository.unpas.ac.id/10234/3/abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/10234/4/BAB%20I%20Jadi.pdf http://repository.unpas.ac.id/10234/5/BAB%20II%20Jadi.pdf http://repository.unpas.ac.id/10234/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/10234/ |
Daftar Isi:
- ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil b elajar siswa dengan menggun akan model example non example pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia . Penelitian ini dilaksa nakan di ke las I V SDN Kopo Elok dan dilat a r belakangi keadaan siswa yang kurang m enunjukkan minat dan hasil belajar di dalam proses pem belajar an yang masih banyak di bawah KKM . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran example non example yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan , pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, peng olahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru , siswa selama proses pem belajaran dan angket minat siswa . Hasil penelitian menunjukkan adanya pe ningkatan nilai rata - rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus 1 nilai rata - rata yaitu 71,8 , dan hasil belajar siklus 2 rata - rata nilai mencapai 85 . Min at siswa pada siklus I peningkatan minat belajarnya adalah 63,3% , dan pada siklus II pebingkatannta adalah 85%. Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model example non example dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bah asan masalah sosial di kelas I V SDN Kopo Elok . Dengan demikia n, penggunaan model example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : example non example , m inat belajar , hasil belajar .