PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR MAKNA DALAM PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEANS ENDS ANALYSIS PA DA SISWA KELAS X - 2 SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- ABSTRAK Semua siswa tentu memiliki potensi untuk menganalisis sebuah karya, t ermasuk menganalisis unsur makna dalam puisi dengan metode means ends analysis . Metode means ends analysis dapat mengembangkan cara berpikir siswa menjadi lebih berinovatif. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembe lajaran menganalisis unsur makna dalam puisi dengan meng - gunakan metode means ends analysis pada siswa kelas X - 2 SMA Pasundan 3 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis m ampu melaksanakan pembe lajaran menganalisis unsur makna dalam puisi dengan menggunakan metode Means End Analysis (MEA) pada kelas X - 2 SMA Pasundan 3 Bandung ; (2) Siswa kelas X - 2 SMA Pasundan 3 Bandung. mampu menganalisis unsur makna dalam puisi dengan meng gunakan metode Means End Analysis (MEA) secara tepat. ; (3) Model Means End Analysis (Perhatian Terhadap Aktivitas Kelas) tepat di - gunakan dalam pembe lajaran menganalisis unsur makna dalam puisi pada kelas X - 2 SMA Pasundan 3 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Quasi Expe - rimental Design dengan teknik penelitian telaah pustaka, teknik uji coba, teknik tes dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembe lajaran me nganalisis unsur makna dalam puisi dengan menggunakan metode means ends analysis . Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelak sanaan pembelajaran sebesar 3,9 . Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas X - 2 SM A Pasundan 3 Bandung mampu menganali sis unsur makna dalam puisi dengan menggunakan metode means ends analysis . Hal in i terbukti dari nilai rata - rata pretes yaitu 32,42 , sedangkan nilai rata - rata postes 74,21 . Jadi, selisih nilai rata - rata prates dan pascat es yaitu 40 . 3. metode means ends analysis efektif digunakan dalam pembe lajaran menganalisis unsur batin dalam puisi pada siswa kelas X IPA 3 SMAN 2 Cikampek. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dan perhitungan taraf signifikasi perbedaan dua m ean antara nilai pretes dengan nilai postes , diketahui t hitung 21,73 > t tabel 2.07 . Jadi, t hitu n g lebih besar daripada t tabel maka metode Means Ends Analysis efektif digunakan dalam pembelajaran. Kunci: Pembelajaran, Puisi, Means Ends Analysi s.