Daftar Isi:
  • Ertiany Rara: Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Nilai matematika yang rendah salah satu penyebabnya adalah rendahnya pemahaman matematis pada siswa. Kurangnya pemahaman matematis pada siswa bisa disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang tidak efek, model pembelajaran yang kurang tepat sehingga tujuan pembelajarannya tidak tercapai. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran akan efektif dan kemampuan pemahaman matematis siswa menjadi meningkat. Adapun salah satu alternatif pembelajaran yang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa yaitu model pembelajaran SQ3R. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Pasundan 6 Bandung dengan sampelnya siswa kelas VII SMP Pasundan 6 Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan skala sikap. Tes diujicobakan terlebih dahulu. Dari hasil uji coba soal-soal tidak sekaligus semuanya berkategori baik, oleh karena itu soal-soal yang tidak memenuhi syarat telah dikoreksi kembali sehingga layak dijadikan instrumen penelitian. Analisis data hasil penelitian menggunakan program IBM SPSS Statistic 23 for Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya diterapkan model pembelajaran SQ3R lebih baik daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran ekspositori. (2) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran SQ3R lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (3) Siswa bersikap positif terhadap penerapan model pembelajaran SQ3R. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran SQ3R