ctrlnum 10020
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/10020/</relation><title>PENGARU&#xD; H MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; DENGAN TEKNIK &#xD; PROBING&#xD; -&#xD; PROMPTING&#xD; TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS &#xD; SISWA SMA</title><creator>NINA JULIANA PUJIRAHAYU, 125050093</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Nina Juliana Pujirahayu&#xD; (&#xD; 125050093&#xD; ). &#xD; Pengaruh Model Pembelajaran &#xD; Kooperatif dengan Teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting &#xD; terhadap Peningkatan &#xD; Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA&#xD; Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan &#xD; siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses&#xD; pembelajaran. Hal ini &#xD; karena melalui &#xD; koneksi&#xD; matematis siswa dapat &#xD; menghubungkan matematika &#xD; dengan materi lain yang terdapat pada matematika, menghubungkan dengan &#xD; pelajaran lain atau dengan kehidupan sehari&#xD; -&#xD; hari&#xD; . Salah satu&#xD; model pembelajaran&#xD; untuk mening&#xD; katkan kemampuan &#xD; koneksi&#xD; matematis siswa &#xD; yaitu &#xD; model &#xD; pembelajaran &#xD; kooperatif dengan Teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting&#xD; . &#xD; Penelitian ini &#xD; bertujuan untuk: 1) mengetahui &#xD; apakah&#xD; peningkatan&#xD; kemampuan &#xD; koneksi&#xD; matematis siswa yang memperoleh &#xD; model pembelajaran kooperatif dengan Teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting&#xD; lebih baik daripada&#xD; siswa&#xD; yang memperoleh &#xD; model&#xD; pembelajaran&#xD; Problem Based Learning &#xD; (PBL)&#xD; ,&#xD; 2) &#xD; mengetahui sikap siswa &#xD; t&#xD; erhadap pembelajaran metematika&#xD; melalui&#xD; model &#xD; pembelajaran &#xD; kooperatif &#xD; dengan&#xD; Teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting&#xD; .&#xD; Me&#xD; tode penelitian ini adalah &#xD; eksperimen. &#xD; Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol &#xD; pretes&#xD; -&#xD; poste&#xD; s&#xD; .&#xD; P&#xD; opulasi penelitian ini adalah si&#xD; swa &#xD; SMA Nasional Bandung&#xD; dan &#xD; sampelnya&#xD; adalah siswa kelas &#xD; X&#xD; I&#xD; SMA &#xD; Nasional Bandung&#xD; yang dipilih secara &#xD; acak&#xD; kelas&#xD; .&#xD; Instrumen&#xD; yan&#xD; g digunakan&#xD; adala&#xD; h tes&#xD; tipe uraian&#xD; dan skala sikap&#xD; menggunakan skala Likert&#xD; .&#xD; Berdasarkan analisis hasil uji coba, &#xD; semua soal &#xD; tes &#xD; layak &#xD; untuk &#xD; dipak&#xD; ai penelitian. &#xD; Analisis data dilakukan denga&#xD; n menggunakan uji&#xD; -&#xD; t &#xD; melalui program &#xD; SPSS 23&#xD; .0 for Windows&#xD; yaitu dengan menggunakan &#xD; Independent &#xD; Sample t&#xD; -&#xD; Tes&#xD; .&#xD; H&#xD; asil penelitian&#xD; menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan &#xD; koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif dengan &#xD; teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting &#xD; lebih baik daripada siswa yang mendapatkan &#xD; pembelajaran &#xD; Problem Based Learning&#xD; (PBL). Selain itu, sikap siswa terhadap &#xD; pembelajaran kooperatif dengan teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting &#xD; dalam pembe&#xD; lajaran &#xD; matematika secara umum tergolong positif.&#xD; Ol&#xD; eh karena itu&#xD; ,&#xD; model pembelajaran &#xD; kooperatif dengan teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting&#xD; dapat dijadikan &#xD; alternatif &#xD; da&#xD; lam &#xD; melaksanakan pembelajaran matematika.&#xD; Kata Kunci:&#xD; Kemampuan Koneksi&#xD; Matematis&#xD; , &#xD; Pembelajaran Kooperatif, Teknik &#xD; Probing&#xD; -&#xD; Prompting, &#xD; Sikap</description><date>2016-09-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/2/6.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/3/7.%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/4/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/5/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/7/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/8/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/9/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/10/1.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> NINA JULIANA PUJIRAHAYU, 125050093 (2016) PENGARU H MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBING - PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>10020</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NINA JULIANA PUJIRAHAYU, 125050093
title PENGARU H MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBING - PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/10020/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/2/6.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/3/7.%20ABSTRACT.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/4/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/5/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/6/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/7/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/8/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/9/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/10/1.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/10020/
contents Nina Juliana Pujirahayu ( 125050093 ). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Probing - Prompting terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses pembelajaran. Hal ini karena melalui koneksi matematis siswa dapat menghubungkan matematika dengan materi lain yang terdapat pada matematika, menghubungkan dengan pelajaran lain atau dengan kehidupan sehari - hari . Salah satu model pembelajaran untuk mening katkan kemampuan koneksi matematis siswa yaitu model pembelajaran kooperatif dengan Teknik Probing - Prompting . Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif dengan Teknik Probing - Prompting lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) , 2) mengetahui sikap siswa t erhadap pembelajaran metematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan Teknik Probing - Prompting . Me tode penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretes - poste s . P opulasi penelitian ini adalah si swa SMA Nasional Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas X I SMA Nasional Bandung yang dipilih secara acak kelas . Instrumen yan g digunakan adala h tes tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert . Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan denga n menggunakan uji - t melalui program SPSS 23 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . H asil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif dengan teknik Probing - Prompting lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Selain itu, sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan teknik Probing - Prompting dalam pembe lajaran matematika secara umum tergolong positif. Ol eh karena itu , model pembelajaran kooperatif dengan teknik Probing - Prompting dapat dijadikan alternatif da lam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis , Pembelajaran Kooperatif, Teknik Probing - Prompting, Sikap
id IOS3183.10020
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:06:54Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:08Z
recordtype dc
_version_ 1766044887711481856
score 17.538404