PENGARU H MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBING - PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA
ctrlnum |
10020 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/10020/</relation><title>PENGARU
H MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DENGAN TEKNIK 
PROBING
-
PROMPTING
TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS 
SISWA SMA</title><creator>NINA JULIANA PUJIRAHAYU, 125050093</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Nina Juliana Pujirahayu
(
125050093
). 
Pengaruh Model Pembelajaran 
Kooperatif dengan Teknik 
Probing
-
Prompting 
terhadap Peningkatan 
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA
Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan 
siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses
pembelajaran. Hal ini 
karena melalui 
koneksi
matematis siswa dapat 
menghubungkan matematika 
dengan materi lain yang terdapat pada matematika, menghubungkan dengan 
pelajaran lain atau dengan kehidupan sehari
-
hari
. Salah satu
model pembelajaran
untuk mening
katkan kemampuan 
koneksi
matematis siswa 
yaitu 
model 
pembelajaran 
kooperatif dengan Teknik 
Probing
-
Prompting
. 
Penelitian ini 
bertujuan untuk: 1) mengetahui 
apakah
peningkatan
kemampuan 
koneksi
matematis siswa yang memperoleh 
model pembelajaran kooperatif dengan Teknik 
Probing
-
Prompting
lebih baik daripada
siswa
yang memperoleh 
model
pembelajaran
Problem Based Learning 
(PBL)
,
2) 
mengetahui sikap siswa 
t
erhadap pembelajaran metematika
melalui
model 
pembelajaran 
kooperatif 
dengan
Teknik 
Probing
-
Prompting
.
Me
tode penelitian ini adalah 
eksperimen. 
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol 
pretes
-
poste
s
.
P
opulasi penelitian ini adalah si
swa 
SMA Nasional Bandung
dan 
sampelnya
adalah siswa kelas 
X
I
SMA 
Nasional Bandung
yang dipilih secara 
acak
kelas
.
Instrumen
yan
g digunakan
adala
h tes
tipe uraian
dan skala sikap
menggunakan skala Likert
.
Berdasarkan analisis hasil uji coba, 
semua soal 
tes 
layak 
untuk 
dipak
ai penelitian. 
Analisis data dilakukan denga
n menggunakan uji
-
t 
melalui program 
SPSS 23
.0 for Windows
yaitu dengan menggunakan 
Independent 
Sample t
-
Tes
.
H
asil penelitian
menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan 
koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif dengan 
teknik 
Probing
-
Prompting 
lebih baik daripada siswa yang mendapatkan 
pembelajaran 
Problem Based Learning
(PBL). Selain itu, sikap siswa terhadap 
pembelajaran kooperatif dengan teknik 
Probing
-
Prompting 
dalam pembe
lajaran 
matematika secara umum tergolong positif.
Ol
eh karena itu
,
model pembelajaran 
kooperatif dengan teknik 
Probing
-
Prompting
dapat dijadikan 
alternatif 
da
lam 
melaksanakan pembelajaran matematika.
Kata Kunci:
Kemampuan Koneksi
Matematis
, 
Pembelajaran Kooperatif, Teknik 
Probing
-
Prompting, 
Sikap</description><date>2016-09-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/2/6.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/3/7.%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/4/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/5/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/7/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/8/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/9/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/10020/10/1.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> NINA JULIANA PUJIRAHAYU, 125050093 (2016) PENGARU H MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBING - PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>10020</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NINA JULIANA PUJIRAHAYU, 125050093 |
title |
PENGARU
H MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DENGAN TEKNIK
PROBING
-
PROMPTING
TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS
SISWA SMA |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/10020/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/2/6.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/3/7.%20ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/4/8.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/5/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/6/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/7/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/8/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/9/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/10/1.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/10020/ |
contents |
Nina Juliana Pujirahayu
(
125050093
).
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif dengan Teknik
Probing
-
Prompting
terhadap Peningkatan
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA
Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan
siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses
pembelajaran. Hal ini
karena melalui
koneksi
matematis siswa dapat
menghubungkan matematika
dengan materi lain yang terdapat pada matematika, menghubungkan dengan
pelajaran lain atau dengan kehidupan sehari
-
hari
. Salah satu
model pembelajaran
untuk mening
katkan kemampuan
koneksi
matematis siswa
yaitu
model
pembelajaran
kooperatif dengan Teknik
Probing
-
Prompting
.
Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) mengetahui
apakah
peningkatan
kemampuan
koneksi
matematis siswa yang memperoleh
model pembelajaran kooperatif dengan Teknik
Probing
-
Prompting
lebih baik daripada
siswa
yang memperoleh
model
pembelajaran
Problem Based Learning
(PBL)
,
2)
mengetahui sikap siswa
t
erhadap pembelajaran metematika
melalui
model
pembelajaran
kooperatif
dengan
Teknik
Probing
-
Prompting
.
Me
tode penelitian ini adalah
eksperimen.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol
pretes
-
poste
s
.
P
opulasi penelitian ini adalah si
swa
SMA Nasional Bandung
dan
sampelnya
adalah siswa kelas
X
I
SMA
Nasional Bandung
yang dipilih secara
acak
kelas
.
Instrumen
yan
g digunakan
adala
h tes
tipe uraian
dan skala sikap
menggunakan skala Likert
.
Berdasarkan analisis hasil uji coba,
semua soal
tes
layak
untuk
dipak
ai penelitian.
Analisis data dilakukan denga
n menggunakan uji
-
t
melalui program
SPSS 23
.0 for Windows
yaitu dengan menggunakan
Independent
Sample t
-
Tes
.
H
asil penelitian
menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan
koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif dengan
teknik
Probing
-
Prompting
lebih baik daripada siswa yang mendapatkan
pembelajaran
Problem Based Learning
(PBL). Selain itu, sikap siswa terhadap
pembelajaran kooperatif dengan teknik
Probing
-
Prompting
dalam pembe
lajaran
matematika secara umum tergolong positif.
Ol
eh karena itu
,
model pembelajaran
kooperatif dengan teknik
Probing
-
Prompting
dapat dijadikan
alternatif
da
lam
melaksanakan pembelajaran matematika.
Kata Kunci:
Kemampuan Koneksi
Matematis
,
Pembelajaran Kooperatif, Teknik
Probing
-
Prompting,
Sikap |
id |
IOS3183.10020 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-09-24T05:06:54Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044887711481856 |
score |
17.538404 |