PENGARUH LINGKUNGAN INDIVIDU MAHASISWA DAN KINERJA BAURAN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN MAHASISWA DAN NILAI JASA PENDIDIKAN TINGGI KOMPUTER

Main Author: Prabowo, Harjanto
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Binus University , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/26722/
http://library.binus.ac.id/Collections/journal_detail.aspx?subject=12&volnoed=Volume 03 / Nomor 01 / May 2012&title=PENGARUH LINGKUNGAN INDIVIDU MAHASISWA DAN KINERJA BAURAN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN MAHASISWA DAN NILAI JASA PEN
Daftar Isi:
  • Perguruan tinggi yang menawarkan bidang pendidikan komputer semakin banyak, salah satunya karena semakin meluasnya pemanfaatan teknologi informasi dalam segala bidang kehidupan sehingga dibutuhkan tenaga/sarjana komputer yang berkualitas dan siap terap. Situasi ini juga terjadi di perguruan tinggi wilayah DKI Jakarta. Makalah ini memaparkan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengungkap tingkat kesesuaian kinerja bauran pemasaran jasa pendidikan dengan kepentingan dan harapan mahasiswa. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatori terhadap 770 mahasiswa PTS Komputer di DKI Jakarta dan 54 pimpinan PTS Komputer di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan individu lebih berpengaruh terhadap proses keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi dibandingkan kinerja bauran pemasaran jasa pendidikan. Sementara itu, nilai jasa pendidikan tidak dipengaruhi oleh lingkungan individu mahasiswa tetapi oleh kinerja bauran pemasaran jasa pendidikan dan proses keputusan mahasiswa. Terdapat ketidaksesuaian/gap antara kinerja bauran pemasaran jasa pendidikan dengan tingkat harapan dan tingkat kepentingan yang dirasakan mahasiswa.