PENGEMBANGAN DESAIN DAN DIFERENSIASI PRODUK SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA BISNIS RITEL UMKM FURNITUR DAN AKSESORIS INTERIOR RUMAH
Main Author: | Indahyani, Titi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2012
|
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/25522/1/28_DIN_Titi%20Indahyani_OK-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/25522/ http://library.binus.ac.id/Collections/journal_detail.aspx?subject=27&volnoed=Volume 03 / Nomor 02 / October 2012&title=PENGEMBANGAN DESAIN DAN DIFERENSIASI PRODUK SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA BISNIS RITEL UMKM FURNITUR DAN AKSESORIS INTERIOR RUMAH |
Daftar Isi:
- Globalisasi perdagangan menyebabkan banjirnya produk impor ke Indonesia, yaitu ke berbagai pusat grosir dan pusat perdagangan di sejumlah kota. Akibatnya, produk UMKM semakin sulit bersaing dengan produk impor sehingga pendapatan penjualan serta laba menurun drastis dan menghentikan usahanya. Belum optimalnya strategi pengembangan desain produk yang ada, terbatasnya ketrampilan SDM bagian produksi dan teknologi ditambah dengan kapasitas produksi yang terbatas serta ketergantungan yang relatif cukup tinggi terhadap bahan baku impor, menyebabkan ketersediaan stok produk UMKM yang unik, kreatif dan inovatif sebagai salah satu keunggulan kompetitif di bisnis ritel menjadi kurang stabil dan kurang dapat diandalkan terutama bagi pasar ritel yang bergerak sangat dinamis. Adanya beberapa permasalahan tersebut diatas melatarbelakangi dilakukannya perumusan strategi pengembangan desain yang tepat bagi UMKM untuk menjamin keberlanjutan usaha di masa depan serta perkembangan usaha kearah yang lebih baik khususnya di bisnis ritel furnitur dan aksesoris interior. Untuk itu diperlukan sebuah penelitian mengenai prioritas strategi apakah yang pantas, efektif & efisien untuk digunakan dalam pengembangan desain UMKM pada bisnis ritel furnitur dan aksesoris interior rumah.