Daftar Isi:
  • Sebagai penyedia layanan publik pemerintah dihadapkan pada banyak permasalahan berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui kinerja pelayanan yang baik dan produk-produk layanan yang berkualitas. Faktor kepemimpinan juga berperan penting pada organisasi pelayanan untuk menjamin efektivitas penyelenggaraan organisasi. Berdasarkan pemikiran-pemikiran tadi, dilakukan penelitian penyelenggaraan pelayanan ijin usaha perdagangan oleh pemerintah daerah kota Tangerang yang berfokus pada aspek sistem informasi manajemen, kinerja pelayanan, kepemimpinan dalam hubungannya dengan tingkat kepuasan masyarakat. Terdapat beberapa metode pengumpulan data dan informasi, di antaranya penyebaran kuesioner, wawancara, observasi lapangan, dan studi kepustakaan. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis regresi, analisis korelasi, dan uji chi square test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel-variabel penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen, kinerja pelayanan, kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat.