ANALISIS KARAKTERISTIK PRODUK DAN KEBUTUHAN VARIASI PRODUK DALAM MEMPENGARUHI PERPINDAHAN MEREK AIR MINERAL VIT (Studi Kasus Konsumen VIT Ukuran Galon di Jakarta Barat)
Main Authors: | Dewanti, Retno, Puspokusumo, Aryanti, RESTI, KRISTINA |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/25004/1/Prosiding%20SNKIB%2002.pdf http://eprints.binus.ac.id/25004/ |
Daftar Isi:
- Banyak konsumen menjadi tidak loyal terhadap suatu produk dikarenakan oleh beberapa alasan diantaranya disebabkan oleh dorongan pribadi konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh karakteristik kategori produk dan kebutuhan mencari variasi produk terhadap keputusan perpindahan produk air mineral dalam kemasan bermerek VIT. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen VIT di wilayah Jakarta barat yang berpindah ke merek lain. Jumlah sampel terdiri dari 100 orang untuk mewakili populasi. Data di analisis dengan menggunakan metode regresi berganda dengan program SPSS. Hasil dan implikasi penelitian ini secara teoritis mendukung penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa karakteristik kategori produk dan kebutuhan mencari variasi produk mempengaruhi keputusan perpindahan merek. Penelitian ini memberikan sumbangan kepada perusahaan berupa solusi diantaranya menyarankan kepada perusahaan agar meningkatkan kualitas produk. Hal ini dimaksudkan untuk mempengaruhi niat konsumen agar tidak berpindah ke merek lain.