CALL CENTER: ALTERNATIF OPTIMALISASI LAYANAN LAYANAN BISNIS

Main Author: Elidjen, Elidjen
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/24963/1/elidjen1.pdf
http://eprints.binus.ac.id/24963/
Daftar Isi:
  • Di zaman yang serba modern ini: kecenderungan dibutuhkan ketersediaan berbagai jenis layanan yang dapat diakses dengan berbagai cara secara mudah, cepat, efisien, dan tersedia dua puluh empat jam sehari tujuh hari dalam seminggu oleh masyarakat di manapun mereka berada semakin tinggi. Interaksi pelanggan dengan perusahaan yang dulunya dilakukan dengan komunikasi yang person to person direct contact sekarang dilakukan dengan communication through technology innovations. Perkembangan teknologi komunikasi secara elektronik relatif dapat dilakukan secara efisien, efektif, akurat, aman, nyaman, dan berkualitas sehingga permintaan informasi dan/atau transaksi melalui telepon merupakan hal yang biasa sekarang ini bagi pelanggan. Tidak heran kalau kita sering mendengarkan motto "customer satisfaction" yang kelihatannya sederhana namun cukup rumit untuk diimplementasikan. Kesuksesan di masa lampau atau saat ini bukanlah jaminan sukses di masa mendatang. Begitu pesaing dapat menyediakan layanan yang lebih baik, maka sistem yang ada saat ini mungkin tidak akan kompetitif lagi dan akhirnya kehilangan pelanggan pun terjadi. Kondisi seperti ini memicu perusahaan untuk berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan layanan yang terbaik dan kompetitif. Banyak: perusahaan yang sudah menerapkan call center untuk memberikan kemudahan akses terhadap layanan yang disediakan, memuaskan pelanggan, meningkatkan daya saing dan pendapatan perusahaan. Namun, meningkatkan kualitas layanan bukan berarti sesederhana menambahkan sumber daya seperti menambahkan sentra layanan pelanggan (SLP).