ANALISIS CUSTOMER VALUE PADA PERANCANGAN APLIKASI E-PROCUREMENT DI PT INDESSO AROMA
Main Author: | Ongowarsito, Henkie |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
Binus University
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/15786/ http://library.binus.ac.id/Collections/journal_detail.aspx?subject=8&volnoed=Volume 02 / Nomor 02 / December 2011&title=ANALISIS CUSTOMER VALUE PADA PERANCANGAN APLIKASI E-PROCUREMENT DI PT INDESSO AROMA |
Daftar Isi:
- Aplikasi bisnis online semakin banyak dimanfaatkan oleh perusahaan, salah satunya yaitu eprocurement. PT Indesso Aroma sebagai perusahaan manufaktur produk essential oils, natural extracts, dan aromatic chemicals ingin memperbaiki proses pengadaan barangnya yang masih konvensional menggunakan eprocurement agar lebih efektif dan efisien. Untuk itu, dilakukan penelitian terhadap kinerja dan kepentingan sistem procurement di perusahaan tersebut. Selanjutnya, aplikasi pendukung sistem SAP saat ini dikembangkan, dan customer value dianalisis menggunakan analisis gap untuk melihat manfaat aplikasinya bagi perusahaan. Perancangan e-procurement menggunakan metode OOAD dengan notasi UML diagram yang meliputi analisis problem domain, application domain, architectural design dan component design. Analisis biaya–manfaat (cost benefit analysis) digunakan untuk melihat peningkatan customer value dari aplikasi e-procurement berdasarkan pengukuran NPV, IRR dan ROI dari investasi dalam perancangan e-procurement ini. Sehingga dihasilkan suatu aplikasi e-procurement yang dapat meningkatkan efektivitas pengadaan barang dengan beberapa fitur utama seperti Purchase Requisition, Purchase Order, Purchase Return, Supplier Catalog dan Supplier Quotation.