A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH
Main Authors: | Sukmana, Agus, Wahyudin, Wahyudin |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
Binus University
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/14648/ http://library.binus.ac.id/Collections/journal_detail.aspx?subject=3&volnoed=Volume 11 / Nomor 02 / July 2011&title=A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH |
Daftar Isi:
- Perkembangan ilmu dan teknologi berdampak pada meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kompetensi matematika lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut berpengaruh pada tujuan pembelajaran matematika di perguruan tinggi, yang harus dapat mendorong mahasiswa agar memiliki keterampilan untuk memahami dan menyelesaikan masalah matematika dalam konteks disertai dengan sikap positif terhadap matematika. Penelitian ini mengkaji peran intuisi pada pemahaman dan pemecahan masalah probabiltas dalam konteks, kemudian dikembangkan bahan ajar untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa intuisi berperan dalam belajar matematika terutama pada proses pemahaman dan pemecahan masalah probabiltas yang menjadi fokus penelitian ini. Ada indikasi pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dapat mengembangkan kemampuan berpikir intuitif mahasiswa meskipun harus dikonfirmasi melalui penelitian lanjutan.