PERILAKU PENCARIAN INFORMASI DAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENULIS PENDAHULUAN PENELITIAN: STUDI KASUS MATA KULIAH CHINESE SCIENTIFIC WRITING
Main Author: | Endang, Ernawati |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/13972/1/27_IG%20-%20Endang%20Ernawati-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/13972/ |
Daftar Isi:
- Artikel menjelaskan perilaku mahasiswa dalam mencari dan menelusuri informasi guna melakukan penelitian, khususnya perumusan topik, masalah, dan tujuan penelitian. Metode kualitatif digunakan dengan responden empatpuluh tiga mahasiswa Jurusan Sastra China yang sedang mengikuti Mata Kuliah Chinese Scientific Writing di semester ganjil 2010-2011 di BINUS University. Pengamatan perilaku mahasiswa untuk mencari dan menelusur informasi dilakukan dalam waktu seminggu, karena penelitian ini adalah penelitian awal. Analisis dilakukan dengan mengevaluasi proposal penelitian yang dikumpulkan di akhir semester, terutama perumusan topik, masalah, dan tujuan penelitian. Disimpulkan, perilaku mahasiswa dalam mengakses informasi tergantung dari tugas yang dilakukan. Hanya 20 orang (46,51%) yang mampu menulis latar belakang yang otomatis berisi ketertarikan pada topik yang dipilih dengan benar, dan kemampuan ini berkorelasi positif dengan perumusan masalah dan tujuan yang dilakukan mahasiswa.