PARADIGMA BARU SPONSOR SEBAGAI MITRA PENYELENGGARAAN EVENT

Main Author: Lidia, Evelina
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13955/1/08_MCM%20-%20Lidia%20Evelina-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13955/
Daftar Isi:
  • Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui mengapa kegiatan sponsorship hanya dipandangsebagai penyandang dana saja bagi terselenggaranya sebuah kegiatan public relation atau kegiatan komunikasipemasaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif berdasarkan observasi pengamatan,studi pustaka dan analisis isi. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa terjadi perubahan tentang peranansponsor yang tadinya hanya sebagai penyandang dana bagi penyelenggara event berubah menjadi adanyakerjasama yang saling menguntungkan (simbiosa mutualisme) antara perusahaan sponsor denganpenyelenggara. Tulisan ini membahas mengenai perubahan konsep sponsorship dari pencarian sponsor sematamatasebagai aktivitas penggalangan dana berubah menjadi sebuah bentuk kerjasama kemitraan pemasaranantara perusahaan penyelenggaraan kegiatan (event organizer) dengan perusahaan sponsor. Sponsor itusendiri selain dapat diartikan sebagai pihak pendukung sebuah acara juga terdapat hubungan timbal balikyang saling menguntungkan antara perusahaan yang menjadi sponsor dengan penyelenggara sebuah kegiatan.Simpulannya terdapat jalinan kemitraan yang saling mendukung antara pihak sponsor dengan pihakpenyelenggara (event organizer)