PENGARUH TIPOGRAFI PADA ERA MASSIMO VIGNELLI TERHADAP TIPOGRAFI MICHAEL BIERUT

Main Authors: Irwan, Harnoko, Dria, Setiautami
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13838/1/45_DKV%20-%20Irwan%20Harnoko%20-%20Dria%20Setiautami-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13838/
Daftar Isi:
  • Massimo Vignelli adalah seorang desainer grafis senior yang bertempat tinggal di New York beraliran modernisme yang sangat vokal melawan arus posmodernisme. Pernyataannya sangat keras menentang posmodernisme baik saat wawancara yang dimuat dalam film Helvetica, typeradio, talkshow dan beberapa tulisan yang dimuat seperti dalam Looking Closer maupun AIGA journal. Karya desain grafis Massimo Vignelli sangatlah mencerminkan kepribadiannya, salah satu sikap teguhnya adalah dalam pemilihan typeface. Typeface yang Vignelli gunakan adalah seputar dari 5 typeface: Bodoni, Helvetica, Times Roman, Century, Futura. Penulisan artikel ini menggunakan metode analisa formal. Penulis mengumpulkan bahan-bahan mengenai Michael Bierut, Massimo Vignelli dan Tibor Kalman dari buku dan internet. Penulis membuat perbandingan untuk antara pendapat Massimo Vignelli (desainer aliran modernisme) dengan desainer Michael Bierut (desainer yang mengalami masa peralihan dari modernisme hingga postmodernisme) dan Tibor Kalman (seorang desainer dalam buku A century of graphic design).