MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI MAHASISWA KURANG BERPRESTASI MELALUI PROGRAM MENTORING

Main Author: Lisa, Ratriana Chairiyati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13829/1/28%20-%20PSI%20-%20Lisa%20Ratriana%20-%20OK-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13829/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari bagaimana meningkatkan motivasi belajar bagi mahasiswa kurang berprestasi melalui program mentoring, di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat.. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan sample penelitian 70 mahasiswa/mahasiswi yang masih aktif. Data dikumpulkan dengan teknik total sampling dengan menggunakan angket (kuesioner). Penelitian ini menggunakan instrumen dimana hasil dari olahan data angket dikonstruksikan berdasarkan skala likert, hasil keseluruhan jawaban angket berupa data interpretasi skor. Hasil analisis data diperoleh secara statistic deskriptif menunjukkan bahwa penilaian subyek fasilitas program mentoring (65,14%), penilaian subyek tentang program mentoring, penilaian subyek tentang kinerja pengajar / mentor (68,57%), menunjukkan interpretasi yang berkategori cukup kuat sampai sangat kuat, ini berarti program mentoring memang merupakan salah satu alternatif dalam memotivasi mahasiswa yang berprestasi kurang untuk belajar lebih giat lagi, sehingga ketika mengambil lagi mata kuliah yang pernah tidak lulus, mereka telah siap untuk itu (70,86%).