PROFILING KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA

Main Author: Antonina, Pantja Juni Wulandari
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13822/1/21%20-%20PSI%20-%20Antonina%20Yuni%20-%20OK-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13822/
Daftar Isi:
  • Artikel melihat gambaran kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosi menentukan potensi kita untuk mempelajari keterampilan-keterampilan praktis yang didasarkan pada: kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, ketrampilan sosial. Dari kelima ketrampilan tersebut dapat digolongkan menjadi dua ketrampilan yaitu kecakapan pribadi dan kecakapan sosial. Kecakapan pribadi adalah kecakapan hasil belajar yang didasarkan pada kecerdasan emosi yang menentukan bagaimana kita dapat mengelola diri sendiri. Sedangkan kecakapan sosial adalah kecakapan yang menentukan bagaimana kita menangani suatu hubungan dengan orang lain. Hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan emosi mahasiswa masih perlu ditingkatkan karena tidak ada satupun yang mempunyai score tinggi, terutama yang perlu mendapat perhatian khusus adalah empatinya karena sebagian besar memilik score yang rendah.