MERANCANG AKTIVITAS PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN STUDENT CENTER LEARNING: CASE STUDY MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Main Author: | Lydiawati, Kosasih Asalla |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/13800/1/12%20-%20SI%20-%20Lydiawati%20Kosasih-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/13800/ |
Daftar Isi:
- Artikel ini akan membahas teori tentang pembelajaran siswa aktif yang terkait dengan pembelajaran dalam kelas, penerapannya di dalam kelas, dan best practice terkait aktivitas pembelajaran di kelas untuk meningkatkan pembelajaran siswa aktif. Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar yang dapat mendukung terjadinya pembelajaran siswa aktif, di antaranya adalah diskusi grup. Beberapa keuntungan dari terciptanya diskusi grup yang efektif adalah dari diskusi yang dilakukan di antara sesama mahasiswa akan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang dibahas, dan meningkatkan terjalinnya hubungan sosial diantara mereka, hal ini akan berdampak positif baik terhadap proses pembelajaran yakni meningkatnya constructivism knowledge dan individu pribadi mahasiswa khususnya dari sisi perilaku sosial. Namun demikian mengimplementasikan group discussion yang efektif merupakan tantagan tersendiri untuk pengajar khususnya ketika implementasi di kelas yang relatif besar jumlah siswanya.