PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN SCRABBLE DUA BAHASA MENGGUNAKAN JAVA

Main Authors: Fajar, Masya, Elvina, Elvina
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13580/1/09-Fajar-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13580/
Daftar Isi:
  • Aplikasi game merupakan salah satu jenis aplikasi yang sangat digemari oleh banyak pengguna komputer. Namun sangat disayangkan jarang ditemukan permainan bertaraf internasional banyak digemari oleh banyak Penduduk Indonesia khususnya masyarakat awam yang kurang menyukai permainan dalam bahasa asing. Selain itu, permainan itu juga bisa dijadikan media pembelajaran yang menyenangkan bagi semua usia, terhadap bahasa asing pada umumnya Bahasa Inggris terutama anak-anak jenjang SD sampai SMA atau sederajat. Oleh karena itulah penulis mengembangkan sebuah aplikasi game dengan menggunakan konsep permainan Scrabble. Dalam perancanganya penulis menggunakan metodologi rekayasa perangkat lunak waterfall, yaitu dengan pemodelan perancangan aplikasi pada diagram UML (Unified Modelling Language) diantaranya Use Case Diagram, Activity Diagram, Statechart Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram. Pada tahap implementasi penulis menggunakan perangkat lunak Blue J untuk membangun antarmuka dengan menggunakan Java Development Kit (JDK) versi jdk1.6.0_02 sebagai perangkat pengeksekusi, serta menggunakan command prompt untuk pemanggilan hasil eksekusi. Sedangkan pengujian terhadap aplikasi game dilakukan dengan metode Black Box dan White Box. Produk dari pengembangan tersebut adalah sebuah aplikasi game single player, yang menggunakan dua pilihan bahasa dalam permainannya , dan dinamakan “Scrabble Dua Bahasa”