Pengembangan Aplikasi E-Crm pada PT Trafoindo Prima Perkasa

Main Authors: Honni, Honni, Robertus, Tang Herman, Kurniawan, Iswanto
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13521/1/01-Honny_Analisis%20dan%20Perancangan%20E-CRM-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13521/
Daftar Isi:
  • Berbagai survei menunjukkan bahwa kunci keberhasilan perusahaan bukan semata terletak pada produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi seberapa jauh upaya perusahaan memuaskan kebutuhan para pelanggannya. Perusahaan harus menyediakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, kemudian menjaga hubungan erat dengan para pelanggan. Kesetiaan pelanggan akan menjadi kunci sukses, tidak hanya dalam jangka pendek, tetapi keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Hal ini dikarenakan kesetiaan pelanggan memiliki nilai strategik bagi perusahaan. Satu cara yang terbukti efektif dan sukses untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan adalah melalui CRM (Customer Relationship Management). CRM bukanlah hal baru di dunia bisnis. Customer Relationship sudah lama diterapkan oleh para pebisnis tradisional. Teknologi dalam bentuk web dapat dimanfaatkan sebagai katalisator dalam meningkatkan kualitas dari CRM. Gabungan antara Teknologi dan CRM dalam bisnis disebut dengan E-CRM. Pengembangan aplikasi E-CRM yang berbasiskan web pada PT Trafoindo Prima Perkasa bertujuan untuk menganalisis dan merancang kebutuhan perusahaan dan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif survei, terutama yang berhubungan dengan pelanggan. Alat analisis yang dipakai adalah model lima kekuatan porter dan analisis industri, yaitu Matriks CPM, Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE), Matriks SWOT, Matriks IE, Matriks SPACE, dan Matriks Grand Strategy untuk mengidentifikasi strategi alternatif yang dapat diterapkan. Strategi alternatif tersebut kemudian diukur daya tariknya dengan Matriks QSP, disertai dengan pendekatan Object Oriented Analysis and Design sebagai dasar untuk pengembangan aplikasi E-CRM yang berbasis web. Simpulan yang diperoleh adalah aplikasi E-CRM yang dihasilkan sudah berfungsi seperti yang diharapkan