PERANCANGAN APLIKASI e-SCM PADA PT CAHAYA BUANA FURINDOTAMA

Main Authors: Honni, Honni, Robertus, Tang Herman, Erick, Christanto
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13405/1/03_Honni-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13405/
ctrlnum 13405
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.binus.ac.id/13405/</relation><title>PERANCANGAN APLIKASI e-SCM PADA PT CAHAYA BUANA FURINDOTAMA</title><creator>Honni, Honni</creator><creator>Robertus, Tang Herman</creator><creator>Erick, Christanto</creator><subject>Information Technology</subject><description>PT Cahaya Buana Furindotama adalah salah satu perusahaan yang tergabung dalam Olympic Group. Perusahaan ini adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi furniture dan peralatan rumah tangga berbahan baku plastik. Masalah yang sering terjadi antara lain kekurangan bahan baku dan keterlambatan produksi, walaupun perusahaan memiliki hubungan kerja sama dengan beberapa supplier karena tidak terintegrasinya data dan adanya &#x201C;human error&#x201D; dalam pemasukan data. Akibat dari masalah ini perusahaan dapat kehilangan pangsa pasar dan terancam dengan posisi para pesaing. Berdasarkan masalah yang muncul, maka diusulkan untuk menggunakan sistem aplikasi e-SCM pada perusahaan ini karena sistem aplikasi e-SCM dapat membantu mengelola aliran bahan baku perusahaan secara lebih baik dan mempererat hubungan perusahaan antara supplier dan distributor. Adapun metode yang dipakai adalah Porter&#x2019;s Five Forces untuk menganalisis posisi perusahaan di pasar dan Metode SWOT untuk menentukan strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Berdasarkan matrikss internal (IFE), didapatkan hasil 3.08. Sedangkan matrikss eksternal (EFE) didapatkan hasil 3.34. Jadi, berdasarkan kedua hasil tersebut, perusahaan berada di posisi yang kuat dalam matrikss IE..Sedangkan strategi yang digunakan adalah Strengths-Opportunity (SO) yang ada dalam matrikss SWOT. Diharapkan dengan strategi SO dan sistem aplikasi e-SCM, perusahaan dapat lebih memperkuat posisinya di dalam pasar</description><publisher>Binus University</publisher><date>2008-05</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://eprints.binus.ac.id/13405/1/03_Honni-ABSTRACT.pdf</identifier><identifier> Honni, Honni and Robertus, Tang Herman and Erick, Christanto (2008) PERANCANGAN APLIKASI e-SCM PADA PT CAHAYA BUANA FURINDOTAMA. Jurnal CommIT, 02 (01). ISSN 1979-2484 </identifier><relation> http://library.binus.ac.id/Collections/journal_detail.aspx?subject=6&amp;volnoed=Volume 02 / Nomor 01 / May 2008&amp;title=PERANCANGAN APLIKASI e-SCM PADA PT CAHAYA BUANA FURINDOTAMA </relation><recordID>13405</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Honni, Honni
Robertus, Tang Herman
Erick, Christanto
title PERANCANGAN APLIKASI e-SCM PADA PT CAHAYA BUANA FURINDOTAMA
publisher Binus University
publishDate 2008
topic Information Technology
url http://eprints.binus.ac.id/13405/1/03_Honni-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13405/
contents PT Cahaya Buana Furindotama adalah salah satu perusahaan yang tergabung dalam Olympic Group. Perusahaan ini adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi furniture dan peralatan rumah tangga berbahan baku plastik. Masalah yang sering terjadi antara lain kekurangan bahan baku dan keterlambatan produksi, walaupun perusahaan memiliki hubungan kerja sama dengan beberapa supplier karena tidak terintegrasinya data dan adanya “human error” dalam pemasukan data. Akibat dari masalah ini perusahaan dapat kehilangan pangsa pasar dan terancam dengan posisi para pesaing. Berdasarkan masalah yang muncul, maka diusulkan untuk menggunakan sistem aplikasi e-SCM pada perusahaan ini karena sistem aplikasi e-SCM dapat membantu mengelola aliran bahan baku perusahaan secara lebih baik dan mempererat hubungan perusahaan antara supplier dan distributor. Adapun metode yang dipakai adalah Porter’s Five Forces untuk menganalisis posisi perusahaan di pasar dan Metode SWOT untuk menentukan strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Berdasarkan matrikss internal (IFE), didapatkan hasil 3.08. Sedangkan matrikss eksternal (EFE) didapatkan hasil 3.34. Jadi, berdasarkan kedua hasil tersebut, perusahaan berada di posisi yang kuat dalam matrikss IE..Sedangkan strategi yang digunakan adalah Strengths-Opportunity (SO) yang ada dalam matrikss SWOT. Diharapkan dengan strategi SO dan sistem aplikasi e-SCM, perusahaan dapat lebih memperkuat posisinya di dalam pasar
id IOS3176.13405
institution Universitas Bina Nusantara
institution_id 106
institution_type library:university
library
library Binus University Library and Knowledge Center
library_id 478
collection Binus University e-Thesis Repository
repository_id 3176
city JAKARTA BARAT
province DKI JAKARTA
repoId IOS3176
first_indexed 2016-09-23T10:48:37Z
last_indexed 2016-09-23T10:48:37Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1766803984482304000
score 17.13294