DAMPAK LOYALITAS DARI KEPUTUSAN KONSUMEN DISEBABKAN PELAYANAN DAN PROMOSI PADA USAHA GIMNASTIK
Main Authors: | Rudy, Aryanto, Susanto, Susanto, Liu, Santa Stefenny |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/13373/1/07_Rudy%20Aryanto_setting_OK-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/13373/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap pembuatan keputusan konsumen dan dampaknya pada loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-asosiatif, dengan menggunakan Analisis Jalur Korelasi Pearson. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner kepada 110 responden di Golds Gym Thamrin Kota. Dari analisis data, ditemukan bahwa model struktural diberikan sebagai Y = 0,497 X2 + 0,868, di mana R2 24,7% dan struktural 2 Z = 0.491 X1 + 0.871, sedangkan R2 = 24,2. Kualitas pelayanan tampaknya tidak terlalu mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen, tetapi mempunyai pengaruh kuat terhadap loyalitas konsumen. Promosi efektif mempengaruhi pembuatan keputusan konsumen hingga sampai 24,2%. Dengan demikian, kualitas layanan dan promosi harus dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen.