PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PT BANK SINARMAS
Main Authors: | Sem, Christina Hawila Sibagariang, Tinjung, Desy Nursanti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/13364/1/03_Sem%20-%20Tinjung_setting-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/13364/ |
Daftar Isi:
- Persaingan di sektor perbankan di Indonesia semakin ketat dewasa ini. PT Bank Sinarmas adalah bank yang berkembang pesat dan terus meningkat selama 3 tahun terakhir. PT Bank Sinarmas berkomitmen untuk mempertahankan posisi ini. Oleh karena itu, mereka harus memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan produk tabungan yang berkualitas untuk membangun loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah citra merek (X1) dan kepercayaan merek (X2) secara parsial mempengaruhi loyalitas merek (Y), dan untuk menentukan apakah citra merek (X1) dan kepercayaan merek (X2) secara simultan mempengaruhi loyalitas merek (Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan SPSS. Data diperoleh melalui survei langsung dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 nasabah di cabang utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek dengan R2 = 15,4% dengan persamaan regresi Y = 1,962 0,336 X1. Kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek dengan R2 = 17%, dengan persamaan regresi Y = 1,838 0,382 X2. Sementara secara bersamaan, citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek, dengan R2 = 26,4% yang membentuk persamaan regresi Y = 1,281 0,269 X1 + 0,315 X2. Dengan demikian, PT Bank Sinarmas perlu meningkatkan citra merek karena citra yang baik bisa menjadi daya saing perusahaan untuk menciptakan loyalitas, dan loyalitas dapat meningkatkan profitabilitas.