PENGARUH PELAYANAN DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN BENGKEL KENDARAAN BERMOTOR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PREFERENSI REKOMENDASI
Main Authors: | Muhadjir, Muhadjir, Febri, Rahmawati |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/13358/1/02_Muhajir_settting-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/13358/ |
Daftar Isi:
- Jumlah sepeda motor yang dijual di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Setiap produsen harus konsisten terhadap sejauh mana pelayanan dan dampak merek untuk kepercayaan konsumen dan preferensi rekomendasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki masalah ini dengan menggunakan analisis jalur. Sampel diambil dari masyarakat konsumen bengkel mobil. Kemudian, data diverifikasi oleh beberapa alat statistik seperti normalitas, validitas, dan reliabilitas sebelum menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa kualitas pelayanan, asosiasi merek, dan kepercayaan konsumen sangat penting untuk menarik kepercayaan lebih daripada pelayanan bengkel. Mengenai masalah ini, peneliti memberikan kontribusi beberapa saran seperti manajemen harus meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan peningkatan profesionalisme karyawan. Untuk melakukan hal ini, perusahaan dapat memanfaatkan pelatihan karyawan; menerapkan strategi insentif untuk memotivasi karyawan; memperlihatkan keterbukaan dan suasana yang positif untuk berinteraksi dengan konsumen dan yang terakhir namun bukan yang tidak penting, untuk menjaga hubungan baik untuk jangka pendek dan panjang, dengan menyediakan media komunikasi berbasis forum untuk konsumen.