CARA DESAIN KEMASAN PRODUK MEMPENGARUHI RESPONS KOGNITIF DAN PERILAKU KONSUMEN

Main Author: Mia, Angeline
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13276/1/62%20MCM%20-Mia-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13276/
Daftar Isi:
  • Bagi produsen, desain kemasan produk mempunyai peran penting dalam mempengaruhi tingkat penjualan dan sebagai sarana mengkomunikasikan citra produk maupun perusahaan. Artikel menjelaskan pengaruh desain kemasan produk terhadap respons kognitif dan respons perilaku konsumen. Respons kognitif suatu desain kemasan produk dinilai melalui lima faktor brand personality dari beberapa produk terpilih, sedangkan respons perilaku konsumen dinilai melalui rentang perilaku pendekatan – penghindaran. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Bina Nusantara yang mengenali atau pernah mencoba produk terpilih tersebut. Simpulan menunjukkan bahwa semakin positif pengaruh desain kemasan produk maka semakin besar kecenderungan konsumen untuk memperlihatkan perilaku pendekatan, begitu juga sebaliknya