HUBUNGAN PERSEPSI SISWA MENGENAI IKLIM KELAS DENGAN ORIENTASI TUJUAN SISWA DENGAN MENGONTROL SELF-EFFICACY (Penelitian pada Siswa SMP Madania Bogor)

Main Author: M., Nanang Suprayogi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13203/1/09%20PSI%20-%20M%20Nanang-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13203/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan variabel persepsi siswa mengenai iklim kelas dengan variabel orientasi tujuan siswa dengan menjadikan variabel self-efficacy sebagai variabel pengontrol. Ada empat tipe dari orientasi tujuan. Yaitu orientasi task, orientasi ego self-enhancing, orientasi ego self-defeating, dan orientasi work avoidance. Masing-masing orientasi tujuan tersebut akan mengarahkan siswa kepada perilaku belajar tertentu yang akan menentukan hasil dari belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Madania Bogor. Penelitian ini menggunakan penghitungan korelasi parsial, regresi ganda dan t-test.