APAKAH PERSONAL INITIATIVE MAHASISWA DAPAT DIKEMBANGKAN DENGAN MATA KULIAH CHARACTER BUILDING?
Main Author: | Antonina, Pantja Juni Wulandari |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/13185/1/07_juni-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/13185/ |
Daftar Isi:
- Personal initiative adalah perilaku aktif yang mengarah pada hasil pekerjaan, dipengaruhi oleh aspek self-starting, proaktif, dan kegigihan dalam mengatasi berbagai rintangan. Artikel memaparkan cara mendapatkan efektivitas mata kuliah Character Building terhadap peningkatan personal initiative. Penelitian menggunakan metode uji beda kelompok. Kelompok yang dibandingkan adalah mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah Character Building dan mahasiswa yang belum mengikuti mata kuliah Character Building sebanyak 103 orang. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner dan menggunakan skala perbedaan sematik, jumlah kuesioner sebanyak 43 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Character Building tidak terbukti efektif meningkatkan personal initiative. Kemungkinan pertama, perubahan yang terjadi pada mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Character Building tidak teridentifikasi dalam personal initiative, melainkan dalam berkurangnya perilaku buruk yang terjadi di dalam kampus. Kemungkinan kedua, kemampuan berinisiatif diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman hidup dari masa anak-anak hingga dewasa. Hal ini sejalan dengan temuan bahwa keikutsertaan dalam berorganisasi, grade masuk, pekerjaan orangtua, dan jurusan SMA ada kaitannya dengan personal initiative.