PENGAJARAN DIALEK DAERAH DALAM PENGAJARAN BIPA PENTING ATAU TIDAK PENTING?

Main Author: Melania, Wiannastiti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13180/1/14%20ING%20-%20Melania-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13180/
Daftar Isi:
  • Dialek yang didefinisikan sebagai variasi bahasa yang dibedakan atas dasar lafal, tata bahasa dan kosa kata, terutama yang bebeda dari bahasa standar budaya tertentu, menjadi salah satu isu yang menarik dalam pengajaran bahasa Indonesia, karena setiap daerah di Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia yang pasti mempunyai dialek yang berbeda. Orang asing belajar Bahasa Indonesia dinyatakan berhasil pada level tertentu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ketika mereka sudah mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia kepada penutur aslinya. Namun pada kenyatannya mereka mengalami kendala ketika berkomunikasi secara langsung dengan penutur asli karena adanya dialek yang digunakan oleh penutur aslinya. Sering kali dialek ini tidak dimengerti oleh penutur asing karena perbedaan kosa kata, sususan kalimat, dan singkatan singkatan-singkatan.Paper ini akan mengupas kelebihan dan kelemahan pengajaran dialek dalam pengajaran Bahasa Indonesia dan saran apakah dialek tertentu penting digunakan dalam pengajaran Bahasa Indonesia atau tidak.