SEGMENTASI PASAR PENYEDIA JASA LOGISTIK (THIRD PARTY LOGISTICS) DI INDONESIA
Main Author: | Darjat, Sudrajat |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/13111/1/04.Darjat%20Sudrajat_setting-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/13111/ |
Daftar Isi:
- Segmentasi pasar adalah hal mendasar dalam strategi pemasaran dan langkah awal penyusunan strategi berbasis pasar, dapat memperkuat efisiensi pemasaran serta menciptakan peluang-peluang pertumbuhan penjualan dan keuntungan. Hal ini pun berlaku pada segmentasi pasar penyedia jasa logistik (TPL - Third Party Logistics), pasar yang sangat berkembang dalam dekade terakhir ini sehingga para penyedia jasa logistik dapat mengembangkan strategi pemasarannya dengan baik. Adapun maksud penelitian ini adalah memperoleh suatu pemahaman yang lebih baik terhadap industri-industri yang berbeda yang ada sekarang dan memetakan kebutuhan-kebutuhan jasa logistik dari pelanggan TPL. Berdasarkan riset ekplorasi yang dilakukan, maka dapat ditemukan kesesuaian-kesesuaian yang berhubungan dengan industri logistik dari beberapa perusahaan, yaitu kesesuaian pada kompleksitas aktivitas logistik dari beberapa perusahaan dan derajat penyertaan perusahaan jasa logistik pihak ketiga dalam melakukan aktivitas tersebut. Segmentasi pasar penyedia jasa logistik dapat didasarkan pada variabel kompleksitas aktivitas logistiknya yaitu tinggi, sedang atau rendah dan variabel derajat penyertaan perusahaannya apakah minor, mayor, atau integrated/total. Perusahaan-perusahaan dalam industri yang berbeda dapat mempunyai keperluan jasa logistik yang sama dan perusahaan-peusahaan dalam industri yang sama dapat mempunyai keperluan jasa logistik yang berbeda. Perusahaan-perusahaan pelanggan penyedia jasa logistik yang penanganan produknya tergolong semi kompleks merupakan segmen pelanggan yang paling menarik untuk dipenetrasi. Industri-industri yang tergolong ke dalam segmen ini adalah otomotif, makanan dan minuman, pakan ternak, keramik, dan perkebunan.