ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA SECARA MANDIRI DI SELF ACCESS LANGUAGE LEARNING CENTER BINA NUSANTARA

Main Author: Hady, Pranoto
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/12882/1/55%20-%20Teknik%20Informatika%20-%20Hadi%20Pranoto%20-%20Perancangan%20Website%20-%20OK-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/12882/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi pembelajaran bahasa secara mandiri dengan menggunakan teknologi internet untuk mempermudahkan pengguna dalam mempelajari bahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan analisis proses pembelajaran yang sedang berjalan, menganalisis kendala dan keterbatasan fasilitas yang ada dan mendisain proses yang baru untuk menjawab kendala dan keterbatasan yang ada. Dalam merancang website pembelajaran bahasa secara mandiri penulis melakukan pengamatan terhadap sistem yang berjalan melalui observasi, wawancara dan kuisioner terhadap stake holder yang menggunakan sistem tersebut. Setelah dilakukan analisis terhadap sistem yang berjalan, dilakukan perancangan desain sistem yang baru menggunakan metode perancangan obyek oriented dan menggunakan tools analisis UML. Setelah rancangan sistem selesai sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman ASP.NET. Simpulan yang didapat dari tulisan adalah dengan aplikasi pembelajaran bahasa secara mandiri mengunakan teknologi internet memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran dari segi keleluasan waktu dan tempat, memberikan kemudahan untuk dosen dalam memonitoring pembelajaran mandiri mahasiswa.