USING DATA COMMUNICATION TO GIVE EASE IN HOTEL ROOM SERVICES
Main Author: | Rudi, Tjiptadi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/12859/1/27_Rudi%20tjiptadi%20revisi%20-sEt-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/12859/ |
Daftar Isi:
- Mendapatkan kenyamanan yang lebih di dalam perjalanan merupakan faktor penting. Tinggal di hotel memerlukan makanan, cuci pakaian, serta kegiatan lain yang dapat membuat tamu nyaman. Apa yang diinginkan tamu biasanya dikatakan pada Layanan Kamar. Terkadang masalah timbul dalam menangani permintaan tamu dikarenakan oleh kesalahan manusia, seperti pesanan terlamba, salah pengertian, dll. Komputer digunakan untuk mencegah hal ini dengan mengetikkan permintaan langsung dari komputer di kamar tamu. Metoda penelitian dilakukan dengan pengumpulan data secara wawancara langsung ke bagian terkait pada suatu hotel tentang apa kebutuhan tamu hotel, analisis sistem yang kini berjalan, penelusuran pustaka tentang jaringan komputer, perancangan sistem pelayanan kamar, serta implementasi dalam bentuk prototip. Telah dibuat prototip sistem pelayanan kamar, dengan kemampuan: memesan makanan dan minuman, serta layanan cuci dan setrika. Prototip yang dibuat memenuhi kepuasan pelayanan di hotel.