HIRARKHI VISUAL SEBAGAI FAKTOR KESESATAN KONSUMEN PADA DESAIN KEMASAN SAMAR IDENTITAS
Main Author: | Julianto, Julianto |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Binus University
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.binus.ac.id/12846/1/32%20-%20DKV%20-%20Julianto%20-%20OK-ABSTRACT.pdf http://eprints.binus.ac.id/12846/ |
Daftar Isi:
- Kemasan samar identitas adalah kemasan yang tidak memberikan informasi secara jelas tentang isi dari produk yang dikemasnya, dalam hal ini ditujukan khusus kepada produk kebutuhan rumah tangga/produk konsumsi, kerap ditemui sehari-hari, lebih jelas lagi ketika anda sedang berbelanja di supermarket, sensasi visualnya sangat mempesona mata, dari warna, gambar dan bentuknya mampu menghentikan pandangan calon konsumen pada kemasan yang’menggoda’, hal itu memang disebabkan kualitas estetikanya baik, namun kenyataannya banyak desain kemasan lalai dalam memberikan persepsi ‘segera’ terhadap identitas isi dari produk yang dikemasnya, masalah ini menjadi krusial karena bisa menyesatkan atau salah persepsi bagi pelihat, dengan mengambil contoh secara acak produk yang beredar dimasyarakat, mencoba memaparkan dan menganalisa sederhana melalui prinsip Desain Komunikasi Visual, berharap hasilnya akan mengingatkan para desainer lebel kemasan lebih menyadari akan fungsi komunikasi yang tertuang dalam media kemasan, untuk memberikan informasi spesifik dengan memperhatikan hirarkhi visual untuk menghasilkan identitas yang jelas terhadap produk yang dikemas.