PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM SEBUAH ORGANISASI: STUDI KASUS PT XYZ

Main Author: Didier, Neonisa
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/12821/1/83%20-%20MCM%20-%20Didier%20-%20ok-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/12821/
Daftar Isi:
  • Komunikasi adalah elemen penting yang mendasari semua interaksi antar manusia. Dalam organisasi sebagai wadah bagi orang-orang untuk saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, komunikasi dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan. Orang-orang dalam organisasi dikenal dengan istilah sumber daya manusia. Dengan kata lain, keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh faktor sumber daya manusia. Penelitian bertujuan untuk mempelajari peran komunikasi dalam meningkatan kepuasan kerja sumber daya manusia dalam organisasi PT XYZ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sehingga dalam menganalisis data yang ditemukan tidak terlalu fokus, tetapi objektif dari pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, simpulan yang dapat diambil adalah bahwa pada umumnya, setiap responden merasa setuju bahwa komunikasi internal telah berjalan dengan baik di PT XYZ. Komunikasi internal memberikan kontribusi sekitar 40% dari informasi yang dibutuhkan untuk dapat memprediksi variasi dari kepuasan kerja.