MEMIKIRKAN ULANG BISNIS MODEL BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Main Author: Mendiola, B. Wiryawan
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/12810/1/68%20-%20DKV%20-%20Mendiola%20-%20ok-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/12810/
Daftar Isi:
  • Desain grafis sebagai seni terapan mulai tumbuh seiring dengan bertumbuhnya dunia usaha di Indonesia yang memerlukan jasa periklanan dan promosi. Meskipun perusahaan berbasis desain dapat dikategorikan perusahaan berbasis jasa, penanganannya tidak dapat serta merta disamakan dengan perusahaan jasa. Perusahaan desain melibatkan dua kutub yang berbeda: rasa (estetika) versus logika, individual versus massa, idealisme versus realita. Untuk membedah usaha desain grafis dalam bentuk entitas bisnis, cara terbaiknya adalah melihatnya dari kacamata bisnis model. Bisnis model adalah representasi sederhana dari realita yang kompleks sebuah bisnis. Tujuan utama dari bisnis model untuk mengomunikasikan mekanisme bisnis kepada semua stakeholders. Tulisan ini memberi insight awal dari komponen model bisnis desain grafis/komunikasi visual dan tantangannya. Diharapkan lahir diskusi dalam bentuk forum yang lebih luas untuk mengembangkan topik ini, sehingga industri desain khususnya desain grafis dapat lebih berkembang di masa depan.